49+1 Fakta Menarik Tentang Memori dan Otak Manusia

49+1 Fakta Menarik Tentang Memori dan Otak Manusia
Ilustrasi

Banyak sekali mitos dan informasi menarik mengenai otak dan memori manusia. Namun, perlu Anda ketahui, studi tentang otak dan memori manusia merupakan salah satu bidang ilmu yang paling sedikit di eksplorasi atau di teliti di dunia. Hal inilah yang membuat para ahli setuju bahwa masih banyak sekali fakta yang tidak diketahui olah umat manusia di dunia terkait dengan otak dan memori mereka.

Padahal memori dan otak merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Bisa dibilang merekalah yang membuat kita mengenal diri kita sebagai manusia. Mereka berdua jugalah yang membuat kita, sebagai manusia, bisa merasakan apa itu yang dinamakan dengan kenangan. Kenangan masa kecil, kenangan masa remaja, dan kenangan-kenangan indah lainnya, yang membuat manusia merasa tak hambar hidup di dunia yang luas ini.

Oleh karena belum banyak diketahui, mungkin sedikit informasi yang kami berikan terkait dengan fakta menarik tentang memori dan otak manusia bisa bermanfaat bagi Anda, berikut diantaranya:

1. Hippocamus Memiliki Peran Penting Dalam Memori Manusia

Hippocamus adalah area berbentuk sepatu kuda diotak, ia memerankan peranan penting dalam mengkonsolidasikan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Hippocamus merupakan bagian dari sistem limbik, yaitu sistem yang terkait dengan emosi dan ingatan jangka panjang. Hippocamus terlibat dalam proses-proses yang kompleks, seperti membentuk, mengatur, dan menyimpan ingatan.

Karena kedua sisi otak yang simetris, hippocamus dapat ditemukan di kedua belahan otak. Kerusakan pada hippocamus dapat menyebabkan amnesia anterograde, yaitu gangguan pada otak yang menghalangi kemampuannya untuk membentuk ingatan baru.

2. Sebagian Besar Ingatan Jangka Pendek Mudah Terlupakan

Kapasitas otak untuk menyimpan memori jangka pendek sangat terbatas. Para ahli percaya bahwa otak dapat menyimpan sekitar tujuh item dalam memori jangka pendek dalam rentang waktu 20 hingga 30 detik.

Dalam makalah terkenal karya psikolog George Miller yang dipublikasikan pada tahun 1956, menyebutkan bahwa kapasitas memori jangka pendek untuk menyimpan nama daftar barang adalah antara lima hingga sembilan buah. Tetapi, saat ini para ahli memori lebih percaya bahwa kapasitas memori jangka pendek yang sebenarnya mungkin lebih mendekati angka empat.

3. Ujian/Ulangan Membantu Manusia Mengingat Lebih Baik

49+1 Fakta Menarik Tentang Memori dan Otak Manusia
Ujian

Para peneliti menemukan fakta bahwa ujian/ulangan sebenarnya adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat. Salah satu percobaannya menemukan bahwa siswa yang belajar dan kemudian diujikan memiliki daya ingat jangka panjang yang lebih baik, bahkan pola fikirnya juga membaik. Dibanding dengan siswa yang sudah belajar ekstra keras tetapi tidak diuji cenderung memiliki tingkat pemahaman yang jauh lebih rendah.

4. Mencium Dapat Menjadi Pemicu Memori Semakin Kuat

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa aroma tertentu dalam suatu benda dapat memunculkan kenangan dalam hidup Anda? Harum kue, misalnya, mungkin mengingatkan Anda pada saat menghabiskan waktu di rumah nenek semasa kecil dulu. Atau aroma parfum tertentu yang mengingatkan Anda pada pasangan Anda. Kalau dipikir-pikir, kenapa bau dapat menjadi salah satu pemicu memori yang kuat?

Ternyata, saraf penciuman terletak sangat dekat dengan amigdala, area otak yang terhubung dengan pengalaman emosi dan memori emosional. Selain itu juga, saraf penciuman berdekatan letaknya dengan hippocamus, yang sangat erat hubungannya dengan penyimpanan memori.

Tidak sampai disitu, jika ditelisik lebih dalam lagi, ternyata korelasi antara kemampuan penciuman sebenarnya sangat dekat dengan memori. Penelitian menunjukkan bahwa ketika area otak yang berhubungan dengan memori rusak, kemampuan manusia untuk mengidentifikasi suatu bau terganggu. Untuk mengidentifikasi suatu aroma, Anda harus ingat benda apa yang Anda cium baru kemudian otak menghubungakan bau tadi dengan informasi visual yang sudah tersimpan didalamnya.

5. Koneksi Otak yang Baru Diciptakan Saat Anda Membentuk Memori Baru

Para peneliti sudah sejak lama percaya bahwa perubahan dalam neuron otak berkaitan dengan pembentukan ingatan. Saat ini, sebagian besar ahli percaya bahwa penciptaan memori dikaitkan dengan penguatan koneksi yang ada atau pertumbuhan koneksi baru antar neuron.

Hubungan antar sel-sel saraf dikenal sebagai sinapsi atau synapses dalam bahasa Ingggris, mereka memungkinkan informasi dibawa dalam bentuk impuls saraf untuk melakukan perjalanan dari satu neuron ke neuron berikutnya. Dalam otak manusia, ada triliunan sinapsis yang membentuk jaringan rumit dan kompleks serta fleksibel yang memungkinkan manusia merasakan, berprilaku, dan juga berpikir.

6. Tidur Malam yang Baik Dapat Memperbaiki Ingatan Anda

49+1 Fakta Menarik Tentang Memori dan Otak Manusia
Kucing Tidur

Sejak tahun 1960-an, para peneliti telah mencatat hubungan penting antara tidur dengan memori. Dalam suatu eksperimen klasik yang dilakukan pada sekitaran tahun 1994, para peneliti menemukan fakta bahwa merampas jam tidur seseorang mengganggu kemampuan mereka untuk meningkatkan memori. Selain membantu dalam hal penyimpanan memori, tidur juga memegang peranan penting dalam membantu manusia mempelajari informasi baru. 

7. Memori Dapat Ditingkatkan Dengan Cara Melupakan Hal-Hal Terlebih Dahulu

Sebuah pernyataan mengatakan bahwa jika Anda ingin mengingat sesuatu, Anda harus sering melakukan repetisi atau pengulangan terhadap hal tersebut, hal ini bertujuan untuk membuatnya tetap segar dalam ingatan Anda.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh sepasang suami istri yaitu Robert dan Elizabet Bjork dari UCLA menyarankan untuk melupakan sebuah informasi pada tingkat tertentu sebelum mengingatnya agar memori itu kuat dari waktu ke waktu. Semakin banyak memori yang memudar, semakin banyak kekuatan untuk mengambil informasi baru.

8. Prioritas Memori Didasari Oleh Emosi

Mengapa kenangan masa kecil yang paling kita ingat biasanya melibatkan emosi yang intens, seperti ketakutan, penolakan, kegembiraan, dan kebanggaan? Menurut penulis Brain Rules, John Media, menjelaskan bahwa "Emosi melampirkan diri ke infromasi baru di otak, ia bertidak sebagai indikator penting.". Semakin kuat intensitas emosionalnya, semakin besar daya ingat Anda terhadap persitiwa tersebut.

9. Berat otak hanya sekita 2% dari total berat tubuh, tetapi menggunakan sedikitnya 20% total energi dan juga asupan oksigen yang masuk ke tubuh.

10. Otak terdiri dari 73% air. Dehidrasi 2% bisa memengaruhi perhatian, ingatan dan kemampuan kognitif lainnya.

11. Sembilan puluh menit Anda berkeringat, dalam waktu yang sementara mengkerutkan otak hingga setara dengan satu tahun penuaan.

12. Dua puluh lima persen kolesterol tubuh berada di dalam otak. Kolesterol merupakan bagian integral dari setiap sel otak. Tanpa kolesterol yang cukup, sel-sel otak akan mati.

13. Walaupun belum diketahui secara pasti, diperkirakan bahwa otak manusia mengandung sekitar 86 miliar sel.

14. Setiap neuron mengirimkan 1.000 impuls per saraf per detik.

15. Sepotong jaringan otak seukuran butiran pasir mengandung 100.000 neuron dan 1 miliar sinapsis, dan kesememuanya berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya.

16. Semua sel di otak ternyata tidak sama. Ada sebanyak 10.000 jenis neuron yang spesifik di otak.

17. Lima menit tanpa oksigen dapat menyebabkan beberapa sel otak mati, dan menyebabkan kerusakan otak yang parah.

18. Informasi di otak berjalan hingga 268 mil per jam. Ini lebih cepat dari mobil Formula 1 dengan kecepatan hanya 240 mil per jam.

19. Otak manusia menghasilakan 12-25 watt listrik. Ini cukup untuk menyalakan lempu LED.

20. Diyakini bahwa otak menghasilkan hingga 50.000 pikiran per hari.

21. Setiap menitnya, 750-1.000 mililiter darah mengalir melalui otak. Ini cukup untuk mengisi satu liter botol soda.

22. Otak pria lebih besar 10% dibanding otak wanita. Namun, hippocamus milik wanita lebih besar dari pria, yang membuat wanita lebih banyak mengingat ketimbang pria.

23. Otak Albert Einstein memiliki berat 1.230 gram, lebih kecil dari rata-rata otak normal yaitu 1.400 gram. Namun, kepadatan neuron Einstein lebih besat dari manusia normal.

24. Kadar Omega-3 yang rendah menghasilakn penyusutan otak yang setara dengan dua tahun penuaan otak. Oleh karena itu, rajin-rajinlah memakan ikan.

25. Kalangan milenial ternyata pelupa. Mereka lebih cenderung lupa hari apa sekarang dan dimana meletakkan kunci dibanding orang tua mereka.

26. Stress serta depresi yang kronis sudah merajalela dalam kehidupan modern ini, ternyata keduaanya dapat menyebabkan penyusutan pada otak.

27. Sel-sel otak menggerogoti diri mereka sendiri sebagai sumber energi terakhir untuk mengatasi kelaparan.

28. Lebih dari 140 jenis protein di otak memperoleh pengaruh negatif oleh paparan frekuensi elektromagnetik, sinar yang dipancarkan smartphone kita.

29. Mitos yang mengatakan bahwa kita hanya mengguanakan 10% otak kita ternyata salah. Kita menggunakan otak dengan sangat sering, bahkan ketika tertidur.

30. Alkohol ternyata tidak membunuh sel-sel otak. Tetapi, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan jaringan di ujung neuron.

31. Kolestrol yang tinggi ternyata tidak buruk bagi otak manusia. Justru, kolestrol yang tinggi dapat mengurangi resiko dementia.

32. Otak kita akan melambat kinerjanya pada usia 24 tahun.

33. Jaringan otak manusia ternyata tidak padat. Teksturnya lembut, hampir mirip dengan tahu.

34. Otak memiliki pola konektivitas yang unik seperti sidik jari kita.

35. Operasi otak dapat dilakukan tanpa rasa sakit, meski pasien tetap terjaga.

36. Orang yang ekstrovert memiliki jaringan dopamin yang lebih aktif dibandingkan dengan orang introvert.

37. Kapasitas penyimpanan memori otak manusia hampir tidak terbatas. Tidak habis seperti RAM smartphone Anda.

38. Otak mampu memproses informasi hingga 1.061 proses per detik.

39. Super komputer miliki Jepang, yang merupakan komputer terkuat di dunia. Membutuhkan waktu 40 menit untuk mengolah data yang setara dengan hanya satu detik pengolahan yang dilakukan oleh otak.

40. 95% keputusan terjadi di pikiran bawah sadar manusia.

41. Nikotin masuk ke dalam otak dalam 7 detik, sedangkan alkohol membutuhkan waktu 6 menit.

42. Otak manusia luar biasa kompleks dan akibatnya bisa serba salah dalam melakukan seseuatu.

43. Sel-sel otak membutuhkan pasokan bahan bakar untuk tetap hidup, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan energi.

44. Menutup mata dapat membantu kita untuk mengingat.

45. Memori adalah keonstruksi imjinatif dari sikap kita di masa lalu.

46. Kenangan positif lebih mudah hilang dibanding dengan kenangan negatif.

47. Kafein tidak dapat meningkatkan daya ingat otak kita.

48. Dori dalam film Finding Nemo merupakan contoh implementasi paling akurat tentang amnesia.

49. Tidur malam dapat memperkuat daya ingat kita.

50. Green tea atau teh hijau sangat baik bagi memori manusia.

Comments